Popped in My Mind

Rich Dad Poor Dad

Rich Dad Poor Dad, buku ini dibuat oleh Robert T Kiyosaki. Siapa se pak Robert ini? Pak Robert adalah keturunan Amerika-Jepang ketiga yang berdomisili di Hawai, kalau tak salah ingat, bapaknya ‘kepala dinas’ pendidikan disana. Seusai menyelesaikan sekolahnya, pak Robert masuk ke US Marine dan sempat dikirim ke vietnam menjadi pilot helikopter, seusai dinasnya pak Robert memulai bisnis pertamanya, membuat dompet dengan bahan yang baru pertama kali dibuat di masa itu.

Apa yag dipesankan Poor Dad pada anaknya? Jadi saat pak Robert belum menjadi ‘pak’ masi ‘nak’🙂, oleh bapaknya (yang kebetulan seorang Poor Dad) memberikan semacam wejangan kepada nak Robert, “Nak.. Ntar kamu belajar yang bener, sekolah yang baik, cari kerja, kerja yang keras, digaji yang besar, naik pangkat, ditabung duitnya, pensiun, trus nikmati deh masa tua kamu dengan uang tabungan itu..”. Ya! Itu pesan bapak dari nak Robert. Sama dengan pesan kebanyakan orang tua kita bukan? Kita harus bekerja dengan keras agar mendapat uang, seolah-olah kita ini ‘budak’ uang.
Apa yang dikatakan Rich Dad pada anaknya? Kebetulan nak Robert punya seorang teman dekat yang kaya, nak Robert juga dekat dengan bapak temannya tadi. Sehingga berkatalah si bapak yang kaya ini, “Nak.. Kalo kamu punya uang lima juta, kemudian kamu tidak bekerja, apa kamu masi bisa bertahan hidup?”. Apa se maksud ne bapak?? Ada-ada aja deh. Kalo g kerja y gimana mau dapet uang.. Mungkin itu pikiran yang melintas di kepala kita. Ya, tidak aneh jika kita berpikir seperti itu, karena sedari kecil kita memang didoktrin oleh orang tua kita untuk belajar, bekerja, bla bla bla and so on.. Sebenarnya maksud bapak tadi, jika kita punya uang lima juta, berpikirlah bagaimana cara untuk memutarnya, menginvestasikannya, sehingga uang yang akan bekerja untuk kita dan bukan kita yang bekerja untuk mendapatkan uang. Kita menjadi ‘tuan’ uang.
Itulah perbedaan besar Rich Dad dan Poor Dad, udah ngerti kan..
Mau jadi ‘tuan’nya uang atau ‘budak’nya uang? Keputusan ada di tangan anda..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: