Popped in My Mind

Suatu saat pernah saya menghadapi masalah. Saat saya membuat post baru terdapat kejanggalan pada halaman utama. Sidebar saya menghilang!! Itu yang pertama saya lihat diwebsite saya. Saya bingung bukan main, saya tidak merubah apapun pada file-file themes, tapi mengapa halaman utama saya berubah?? Lalu saya merubah-rubah themes yang saya gunakan, hasilnya sama sidebar saya masih hilang..  Setelah searching di internet selama berhari-hari saya tidak menemukan jawaban..

Jawaban pertama dengan keyword “sidebar hilang” adalah kemungkinan ada gambar di postingan yang terlalu besar. Setelah saya cari-cari di dalam postingan memang ada gambar yang terlalu besar buat halaman post. Setelah saya resize jadi lebih kecil… Tidak!! Masalah saya belum terpecahkan, sidebar saya tetap saja hilang..

Saya pikir masalah bisa jadi bukan pada posting, mungkin karena widget. Teman saya bilang widget bisa bikin lelet. Mungkin karena widget yang cukup banyak bikin sidebar susah di-load. Lalu saya hilangkan semua widget yang ada, dan lagi-lagi ternyata bukan itu masalahnya..😦

Beberapa saat kemudian secara tidak sengaja saya mengecek postingan saya pada halaman utama sampai benar-benar akhir posting. Dan voila, saya menemukan sidebar saya yang ‘hilang’ disana. Ternyata sidebar saya tidak hilang, hanya ‘bersembunyi’ tepat dibawah posting. Dengan keyword “sidebar under post main page” saya menemukan sebuah diskusi menarik yang membahas masalah ini di wordpress.org kalo tidak salah. Baca-baca sekilas saya tidak menemukan hasil. Akhirnya saya menenangkan diri untuk  mulai membaca diskusi sedikit demi sedikit. Alhamdulillah saya menemukan jawaban.🙂

Dalam sebuah FAQ (Frequently Asked Question) ternyata ada yang menanyakan dan dijawab dengan baik. Jawabannya adalah pertama ada kemungkinan gambar yang melewati batas post, sudah dicek, bukan itu masalahnya. Kedua ada kemungkinan saya memasang gambar selain pada post juga pada widget yang terlalu besar, sudah dicek dan bukan itu masalah nya. Pada pilihan terakhir jantung saya mulai berdegup kencang (mendramatisir keadaan :P), ketiga mengatakan bahwa tag ‘read more’ merupakan cara yang baik untuk mempersingkat posting pada halaman utama, namun tag ini jika digunakan pada postingan hasil copy dari sumber lain seperti microsoft words akan membuat sidebar berada dibawah post.

Ya!! Mungkin ini jawaban dari masalah saya, saya memang meng-copy posting semata-mata untuk menghormati orang yang membuat, tentu saja dengan meminta ijin terlebih dahulu dan mencantumkan penulisnya. Kemudian saya melakukan percobaan dengan menghilangkan tag ‘read more’ pada post itu. Dan hasilnya… Sidebar saya kembali pada tempatnya… Alhamdulillah masalah saya terpecahkan.

Mudah-mudahan pengalaman saya ini bermanfaat bagi anda yang  memiliki masalah serupa…

Comments on: "Sidebar dibawah Posting" (5)

  1. intan sukmantara said:

    mas, saya orang awam yang ingin membikin website, saya sudah memiliki hosting dan domain, tetapi saya tidak tahu cara untuk menjadikannya hingga seperti website mas yang saya lihat ini. mohon bantuannya, kirim di email saya di gaijin_03@rocketmail.com atau 085 258 954 904.

  2. Trims saya mau coba.

  3. Saya punya masalah yang sama, saya merubah template dengan system blogger yang baru, ternyata sidebar tiba2 hilang. ternyata tidak hilang tapi pindah dibawah postingan.

  4. Aku sudah mencoba dan berhasil. Hanya urutan widgetnya jadi berubah. Ini mungkin menjadi masalah baru yang perlu pencarian masalah pemecahannya. Terimakasih pak !!!!

Leave a Reply

