Popped in My Mind

Jam Kinetik

Beberapa hari lalu saya dapat hadiah sebuah jam dari seorang teman. Thanks. Beberapa saat lalu saya melihat jam saya, jarum detik nya berhenti, halah.. jam baru kok langsung rusak. Iseng2 aku liat, aku amat2i ternyata jarum detiknya jalan lagi, langsung saja aku ambil kesimpulan ini jam kinetik, wuihhh.. alhamdulillah.. Jadi jam kinetik itu jam yang g perlu batere atau diputar seperti jam tangan lain. Jam kinetik sangat dipuja karena hemat enegi dan sangat presisi. Tapi bagaimana se jam kinetik dapat bekerja dengan tanpa batere atau diputar.

Jam kinetik adalah jam yang dapat mengisi kembali tenaganya dengan memanfaatkan pergerakan dari orang yang menggunakannya, itu mengapa disebut jam kinetik karena menggunakan energi kinetik yang dihasilkan dari gerakan.

Bagaimana energi kinetik terjadi? Saat terjadi gerakan ‘oscillating weights’ berputar. Oscillating weights adalah sebuah piringan metal berat yang berputar bebas ke dua arah. Pergerakan ini kemudian menghasilkan muatan magnet, kemudian medan magnet berputar melalui kumparan kabel, yang merangsang arus listrik pada kabel. Agar arus tidak mengalir kembali dan menghilangkan arus yang dihasilkan, ‘oscillating weights’ diletakkan tidak ditengah, sehingga arus selalu kearah yang diinginkan, membuat kumpulan energi positif dan mengisi batere.

Bagaimana penyimpanan energi? Sebuah jam kinetik terisi penuh dapat menyimpan energi selama 6 bulan tanpa memerlukan pengisian ulang. Kapasitor utama jam menyimpan energi, secara simultan menyimpan rekaman waktu yang benar. Biasanya jam akan ‘sleep’ setelah sekitar 24 jam tidak aktif. Saat diaktifkan kembali jam akan kembali sesuai dengan perhitungan kapasitor.

Sebuah jam kinetik biasanya memerlukan pemeliharaan setelah tujuh tahun. Bukan batere jam yang perlu diganti tapi kapasitor utama yang menyimpan energi dan rekaman waktu.

Sumber : http://ehow.com

Comments on: "Jam Kinetik" (2)

  1. Wah…
    Informasi bagus ini…

    Baru2 ini Saya mau beli jam Kinetik soalnya…🙂

    jadi aneh aja, kok gk pake batere…

    jadi kira2 tahan ampe 7 tahunan ya jam kinetik??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: